Sabtu, 05 Maret 2011

Sejarah Sneakers

Everybody loves sneakers! Nyaman dan mampu melindungi kaki, itulah yang menjadi jawaban mengapa kita begitu cinta sama sepatu ini. Mau tahu gimana perjalanan sneakers, ini beberapa diantaranya
1875
Sneakers yang kita kenal sekarang, pertama kali diberi nama Plimsoll (sepatu bersol karet). Pertama kali diciptakan dan digunakan di sekitar tahun ini dan diciptakan untuk permainan croquet di Inggris. Setelah itu, jenis sepatu ini dikembangkan di US.

1908
Converse shoes company, perusahaan sepatu yang didirikan Marquis M. Converse ini, mensponsori berbagai pertandingan basket di Amerika. Dan sampai sekarang tetap menjadi ikon Amerika.

1920
Perusahaan sportswear dari Jeman didirikan oleh Adi Dassler. Perusahaan ini kemudian terkenal dengan nama Adidas.Yang paling hebat dari perusahaan ini adalah pembuatan training shoes-nya yang melibatkan proses pengerjaan menggunakan tangan.

1923
Chuck Taylor, memilih sepatu Chuck Taylor All Star untuknya bertanding, inilah promosi yang paling hebat unruk perusahaan footwear ini. Selama lebih dari 50 tahun, sepatu Chuck Taylor All star, menjadi must have item shoes untuk hampir semua pemain basket dan para remaja di dunia. Sepatu ini juga mempunyai nickname yang bermacam-macam dari Chucks, Cons, dan Connies. Percaya atau tidak, Chuck Taylor All Star adalah sepatu paling terkenal dalam sejarah, dan telah terjual sebanyak 744 juta di 144 negara.

1950
Murah dan mudah didapat itulah yang menjadikan tahun ini sebagai masa keemasan sneakers. Sepatu ini dianggap sebagai lambang dari rebellion (jiwa pemberontak) sekaligus menjadi fashion statement saat James Dean memakainya dengan Levi’s Jeans dalam filmnya yang berjudul Rebel Without a Cause.

1962
Phil Knight, atlet lari dari University of Portland, dan pelatihnya Bill Bowerman, menciptakan sepatu atletik dengan biaya murah dan teknologi tinggi bernama Blue Ribbon Sports (BRS). Tahun 1968, nama BRS berubah menjadi Nike, nama ini berasal dari nama dewa kemenangan di Yunani.

1990-Today
Sneakers menjadi primadona di seluruh belahan dunia. Selain nyaman, sneakers could make you a Fashionista. Just look how Paris, Mary Kate, and Lilly Allen get a little sneaky pretty.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar